Senin, 02 Januari 2023

Menyebarkan Pemahaman Kurikulum Merdeka | Oleh : DEDE PURWANTI, S.Pd Guru KELAS I, SD NEGERI PURWASARI 04



Salam bahagia Bapak/Ibu guru hebat,

Sebelum menjalankan kurikulum merdeka di sekolah, kita pelajari dan pahami bersama apa itu kurikulum merdeka. Mari kita baca pengertia kurikulum merdeka di bawah ini.

Apa itu kurikulum medeka?

Menurut Wikipedia, secara umum Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Apa karakteristik kurikulum merdeka?

Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila; fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi; dan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Sebagaimana kurikulum merdeka, maka dalam penerapannya sebagai pendidik juga menerapkan merdeka belajar. Lalu apa itu merdeka belajar?

Ki Hajar Dewantara memang tersohor sebagai pahlawan pendidikan Indonesia, bahkan ia mendapat julukan sebagai Bapak Pendidikan. Melalui buah pemikirannya, Ki Hajar Dewantara berpendapat jika pendidikan adalah serangkaian proses untuk memanusiakan manusia. 

Konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara didasarkan pada asas kemerdekaan, memiliki arti bahwa manusia diberi kebebasan dari Tuhan yang Maha Esa untuk mengatur kehidupannya dengan tetap sejalan dengan aturan yang ada di masyarakat. Maka dari hal itu, diharapkan seorang peserta didik harus memiliki jiwa merdeka dalam artian merdeka secara lahir dan batin serta tenaganya. 

Jiwa yang merdeka sangat diperlukan sepanjang zaman agar bangsa Indonesia tidak didikte oleh negara lain. Ki Hadjar Dewantara memiliki istilah sistem among, yakni melarang adanya hukuman dan paksaan kepada anak didik karena akan mematikan jiwa merdeka serta mematikan kreativitasnya.

 Merdeka belajar dalam arti sekolah, guru-guru, dan muridnya, mempunyai kebebasan dalam berinovasi dan bertindak dalam proses belajar mengajar. Konsekuensinya, guru sangat dianjurkan untuk tidak bersikap monoton dan berorientasi pada guru saja.


Esensi kemerdekaan dan kebebasan berpikir harus dimulai oleh guru terlebih dahulu sebelum kemudian diajarkan pada para siswa dan siswi. Sistem pengajaran berubah dari yang sebelumnya dilakukan di dalam kelas menjadi dilakukan di luar kelas. Murid dapat berdiskusi lebih dalam dengan guru, belajar dengan outing class, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru saja. Terbentuknya karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, berkompetensi, dan tidak hanya sekedar mengandalkan sistem rangking di kelas yang dapat membuat galau anak dan orang tua saja, karena sebenarnya setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing, itulah yang diharapkan metode ini.

Setelah membaca pemahaman kurikulum merdeka dan merdeka mengajar diharapkan mampu dijadikan pandangan dan pengetahuan baru bagi guru, sisa maupun wali siswa. Agar kita dapat melaksanakan kegiatan kurikulum merdeka dan merdeka megajar yang sesuai sehingga dapat membantu siswa mencapai kompetensi sesuai dengan kemampuan nya masing-masing.

Dimohon kesediaannya kepada Bapak/Ibu agar berkenan mengisi formulir dengan cara klik link di bawah ini sebagai umpan balik dalam kegiatan aksi nyata yaitu tentang “Menyebarkan Pemahaman tentang Merdeka Belajar”

LINK : https://forms.gle/CZEeGtdqWN5iGCTb7 

Oleh : Dede Purwanti, S.Pd

Guru Kelas I SDN Purwasari 04, Korwil Bidik Kecamatan Wanareja Kab.Cilacap.

Sumber referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_Merdeka

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menilik-konsep-merdeka-belajar-menurut-ki-hajar-dewantara/

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/sosial/apa-arti-merdeka-belajar-bagi-anak-anak-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar