Salam bahagia Bapak/Ibu guru hebat,
Sebelum menjalankan kurikulum merdeka di
sekolah, kita pelajari dan pahami bersama apa itu kurikulum merdeka. Mari kita
baca pengertia kurikulum merdeka di bawah ini.
Apa itu
kurikulum medeka?
Menurut Wikipedia, secara umum
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang
beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup
waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki
keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat
disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.
Projek untuk menguatkan
pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang
ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai
target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata
pelajaran.
Apa karakteristik kurikulum merdeka?
Karakteristik utama dari
kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah pembelajaran
berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila; fokus pada materi esensial
sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar
seperti literasi dan numerasi; dan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan
pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan
melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Sebagaimana kurikulum
merdeka, maka dalam penerapannya sebagai pendidik juga menerapkan merdeka belajar.
Lalu apa itu merdeka belajar?
Ki Hajar Dewantara
memang tersohor sebagai pahlawan pendidikan Indonesia, bahkan ia mendapat
julukan sebagai Bapak Pendidikan. Melalui buah pemikirannya, Ki Hajar Dewantara
berpendapat jika pendidikan adalah serangkaian proses untuk memanusiakan
manusia.
Konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara
didasarkan pada asas kemerdekaan, memiliki arti bahwa manusia diberi kebebasan
dari Tuhan yang Maha Esa untuk mengatur kehidupannya dengan tetap sejalan
dengan aturan yang ada di masyarakat. Maka dari hal itu, diharapkan seorang
peserta didik harus memiliki jiwa merdeka dalam artian merdeka secara lahir dan
batin serta tenaganya.
Jiwa yang merdeka sangat diperlukan sepanjang
zaman agar bangsa Indonesia tidak didikte oleh negara lain. Ki Hadjar Dewantara
memiliki istilah sistem among, yakni melarang adanya hukuman dan paksaan kepada
anak didik karena akan mematikan jiwa merdeka serta mematikan kreativitasnya.
Merdeka belajar dalam
arti sekolah, guru-guru, dan muridnya, mempunyai kebebasan dalam berinovasi dan
bertindak dalam proses belajar mengajar. Konsekuensinya, guru sangat dianjurkan
untuk tidak bersikap monoton dan berorientasi pada guru saja.
Esensi
kemerdekaan dan kebebasan berpikir harus dimulai oleh guru terlebih dahulu
sebelum kemudian diajarkan pada para siswa dan siswi. Sistem pengajaran berubah
dari yang sebelumnya dilakukan di dalam kelas menjadi dilakukan di luar kelas.
Murid dapat berdiskusi lebih dalam dengan guru, belajar dengan outing class,
dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru saja. Terbentuknya karakter
peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan,
berkompetensi, dan tidak hanya sekedar mengandalkan sistem rangking di kelas
yang dapat membuat galau anak dan orang tua saja, karena sebenarnya setiap anak
memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing, itulah yang
diharapkan metode ini.
Setelah membaca
pemahaman kurikulum merdeka dan merdeka mengajar diharapkan mampu dijadikan
pandangan dan pengetahuan baru bagi guru, sisa maupun wali siswa. Agar kita
dapat melaksanakan kegiatan kurikulum merdeka dan merdeka megajar yang sesuai
sehingga dapat membantu siswa mencapai kompetensi sesuai dengan kemampuan nya
masing-masing.
Dimohon kesediaannya kepada Bapak/Ibu agar
berkenan mengisi formulir dengan cara klik link di bawah ini sebagai umpan
balik dalam kegiatan aksi nyata yaitu tentang “Menyebarkan Pemahaman tentang
Merdeka Belajar”
LINK : https://forms.gle/CZEeGtdqWN5iGCTb7
Oleh :
Dede Purwanti, S.Pd
Guru
Kelas I SDN Purwasari 04, Korwil Bidik Kecamatan Wanareja Kab.Cilacap.
Sumber
referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_Merdeka
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menilik-konsep-merdeka-belajar-menurut-ki-hajar-dewantara/
https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/sosial/apa-arti-merdeka-belajar-bagi-anak-anak-
Belum ada tanggapan untuk "Menyebarkan Pemahaman Kurikulum Merdeka | Oleh : DEDE PURWANTI, S.Pd Guru KELAS I, SD NEGERI PURWASARI 04"
Posting Komentar